Tim Ditreskrimum Polda Maluku Utara Telah Berhasil Meringkus Dua Pelaku Kasus Tindak Pidana Penipuan

"Kedua tersangka kasus tindak pidana penipuan yang mencatut nama pejabat Kapolres Halmahera Timur"
Tim Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku Utara telah berhasil mengamankan barang bukti berupa 80 ATM dari 2 anggota sindikat kasus tindak pidana penipuan.

Hal itu berdasarkan laporan surat yang masuk nomer: LP/B/VII/2023/Polres Halmahera Timur/Polda Malut pada tanggal 28 Agustus 2023.

Adapun dari kedua tersangka yang diringkus di Jakarta ini, sebelumnya diketahui telah mencatut nama Kapolres Halmahera Timur, AKBP Setyo Agus Hermawan dan Kasat Reskrim.

Dari kedua tersangka memiliki inisial JKD (37) dan H (28) yang merupakan warga Jakarta.

Adapun di tangan terdangka JKD, polisi mengamankan barang bukti berupa 28 kartu ATM Bank Mandiri, 22 buah kartu ATM Bank BNI, 13 buah kartu ATM Bank BRI, 9 buah kartu ATM Bank CIMB Niaga, 4 buah kartu ATM Bank BCA, 3 buah kartu ATM Bank BTN dan 1 buah kartu ATM Bank BSI.

Sementara itu di tangan tersangka H, yakni: 5 buah kartu ATM Bank BNI, 2 buah kartu ATM Bank BRI dan 1 buah kartu ATM Bank BCA.

Selain itu di tangan kedua tersangka tersebut ditemukan 1 Bundel Rekening Koran Bank BCA dan 6 Unit Handphone.

Menurut Wakil Direktorat Reskrimum Polda Maluku Utara, AKBP Anjas Gautama Putra dalam konfrensi persnya mengatakan, bahwa dugaan penipuan ini terjadi pada 26 agustus 2023 lalu.

“JW yang merupakan pelaku di telpon pelaku dengan mengatasnamakan pejabat Polri di Polres Halmahera Timur yang seolah-olah menjadi Kapolres Haltim dan Kasat Reskrim Haltim untuk meminta bantuan pinjaman uang,” kata AKBP Anjas. Sabtu, (30/12/23).

Selanjutnya AKBP Anjas menambahkan, bahwa korban mengiyakan, dan kemudian diarahkan untuk mentransfer sejumlah Rp 200.000.000 tersebut ke rekening - rekening yang telah diarahkan para pelaku.

“Dua pelaku sudah ditangkap di Jakarta, sementara pimpinan kelompok masih dalam proses pencarian dan telah ditetapkan sebagai DPO,” terangnya.
(Doc.arsip by MTM/DD/email/lind_media, 30311223)

Komentar

Postingan Populer