Babinsa Koramil 14/Ungaran Barat Dalam Serangkaian Program Pesantren Kilat SMP Negeri 5 Ungaran

Dalam rangka mengisi bulan Ramadhan 1444H/Th.2023. SMP Negeri 5 Ungaran Jl. Nakula, Kresek, Ds.Kalongan, Kec.Ungaran Timur-Kab.Semarang melaksanakan kegiatan program pesantren kilat. Hal ini bertujuan agar menjadikan peserta didik lebih paham agama, yang nantinya dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Disamping itu menurut Kepala sekolah SMP Negeri 5, Ungaran Kuswahyu Widiyanti mengatakan, bahwa program pesantren kilat ini merupakan kegiatan sekolah yang berkaitan dengan bulan Ramadhan. Yang mana dari kegiatannya anak-anak peserta didik diberikan nilai-nilai dan materi-materi pembelajaran keagamaan, keimanan, ketaqwaan serta kepribadian budi pekerti luhur.

“Dari kegiatan program pesantren tersebut, diharapkan anak-anak peserta didik kami tumbuh menjadi anak-anak berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa," ucap Kepsek SMPN 5 menyampaikan.

Sementara itu diketahui, kegiatan pesantren kilat dilaksanakan dengan kegiatan mengaji yang dipimpin oleh guru agama Islam, lalu dilanjutkan materi belajar tentang Rukun Iman, Rukun Islam, aqidah akhlakul karimah, sholat dll.

Adapun untuk kegiatan pesantren kilat terbagi menjadi 3 kelas, yakni kelas 7, 8 dan 9, dengan penempatan ruang yang masing-masing telah terbagi dari tiga kelas tersebut.

Kegiatan pesantren kilat ini juga diberikan ajang kesempatan dari perwakilan kelas untuk tampil di depan kalayak. Hal ini untuk melatih mental dan publik speaking peserta didik. Disamping itu juga diberikan belajar do'a sehari-hari.

Kesemarakan kegiatan program pesantren kilat terasa hidup ketika atas kedatangan Babinsa Koramil 14 Ungaran Timur, yakni: Serka Andreas D dan Kopda Listiyono sebagai pendampingan turut hadir dan mengisi pemaparan terkait program tersebut, terutama program pembinaan mental moralitas dan akhlak. Apalagi ditengarai dari program itu selaras dan sejalan atas bagian kebijakan Dandim 0714/Salatiga dan Danramil 14/Ungaran Barat.

Dari kegiatan program pesantren tersebut, para peserta didik dan guru yang mengikuti terlihat sangat antusias dan senang dengan adanya serangkaian pesantren kilat.

"Saya berterimakasih kepada guru-guru dalam tim kampus mengajar dan terkait lainnya karena telah berinisiatif hingga berperan aktif melaksanakan kegiatan pesantren kilat di sekolah ini. Dari hal tersebut menjadi nilai-nilai tersendiri bagi kami untuk melanjutkan kegiatan pada waktu yang akan datang," kata Kuswahyu tersenyum.

(Doc.arsip by MTM,180423)

Komentar

Postingan Populer