"Pemberdayaan Lahan Tanah Sudah Tidak Terkelola Nilai Manfaatnya Dapat Diubah Menjadi Nilai Guna Bagi Peningkatan Perekonomian"

Melihat adanya lahan tanah yang sudah lama tidak dikelola lebih lanjut yang berada di wilayah desa binaannya, yakni Desa Kawengen, Kecamatan Ungaran Timur-Kabupaten Semarang. Bhabinkamtimas Polsek Ungaran Timur, Aiptu Muhono melakukan pemberdayagunaan nilai manfaat lahan tanah tersebut, dengan menanam ketela pohon, jagung dan pisang.

Pemberdayaan nilai manfaat itu, Aiptu Muhono mengatakan, bahwa dengan mengolah dan memanfaatkan lahan tersebut, yang pertama dapat mengetahui bagaimana cara berkebun, serta dapat lebih dekat dengan para petani. Disamping itu sebagai motivasi penyemangat hidup. Apalagi hal ini baru pertama kali. Adapun yang keduanya, tentunya untuk menunjang tambahan hidup, terutama hal perekonomian. 

"Oleh Karena itu, jika nantinya berhasil dan hasil panennya kemudian dijual akan dapat hasil, dan hasilnya tersebut bisa sebagai tambahan untuk memenuhi perekonomiaan bagi kebutuhan hidup," katanya.

Diketahui, tanah yang diolah dan dibudayakan untuk tanaman ketela pohon, jagung dan pisang seluas 5 Hektar. Dan merupakan tanah yang memiliki tekstur yang bagus dan sangat subur. Sehingga bermanfaat dan penting untuk di manfaatkan sebaik-baiknya untuk berkebun.

Sementara itu jenis (varian) tanaman pohon yang ditanaman. Untuk ketela pohon ada dua jenis varian, yakni: ketela pohon Genjah dan lokal. Sedangkan untuk tanaman jagung berjenis jagung pipil. Adapun tanaman pisang terdiri beberapa jenis seperti pisang kepok, pisang raja nangka, pisang ambon dll.

“Dikarenakan tekstur tanahnya bagus dan sangat subur, maka saya manfaatkan tanam ketela pohon, jagung dan pisang. Apalagi tanaman tersebut tidak begitu lama masa panennya, yakni sekitar antara 6-8 bulan, dan sangat mudah merawatnya," ucapnya tersenyum.

Adapun dari luas tanah yang diolah, digarap dan telah ditanam baru sekitar 3 Hektar. Namun dari hal itu, perkembangan mulai tanam, perawatan hingga pemupukan selama 3 bulan, dan tanamannya sudah terlihat mulai tumbuh berkembang subur dan trubus (bersemi).

(Doc.arsip by MTM,12130323)

Komentar

Postingan Populer